Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jualan Di Facebook Marketplace, Laris Dengan Settingan ini

Cara Jualan Di Facebook Marketplace, Hingga Produk Laris Manis.

Cara Jualan Di Facebook Marketplace


Di tengah maraknya perkembangan marketplace, FB atau Facebook masih jadi salah satu media sosial yang digemari berbagai kalangan. Jika dilihat dari banyaknya jumlah pengguna, Facebook termasuk dalam pasar digital yang cukup menjanjikan. Nah sebagai pemula, tentu Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara jualan di marketplace FB?


Mengenal Marketplace Facebook


Facebook, sebuah situs web raksasa besutan Mark Zuckerberg, kembali menyajikan layanan baru yang menguntungkan para penikmat jejaring sosial. Pada tahun 2007, Facebook merilis marketplace, sebuah fitur terkini yang mampu meningkatkan produktivitas massa dalam hal jual beli. Marketplace Facebook merupakan sarana tepat untuk memasang iklan penjualan maupun tawaran pekerjaan.


Mengutip pernyataan Mary Ku, Director of Product Management Facebook, marketplace Facebook sejatinya diciptakan untuk meningkatkan aktivitas jual beli melalui jejaring sosial. Pihaknya telah mengklaim bahwa marketplace Facebook telah meraih atensi hingga lebih dari 450 juta user facebook sejak pertama kali dirilis.


Banyak pengguna yang terus berusaha mencari cara jualan di facebook marketplace. Setelah mencobanya, mereka pun menyatakan bahwa aktivitas jual beli di FB dinilai menguntungkan karena cukup praktis penggunaannya. Selain itu, pengguna bisa dengan mudah mengakses seluruh halaman marketplace melalui PC maupun smartphone.


Peraturan Jualan di Marketplace Facebook


Melansir sejumlah peringatan yang dirilis pihak Facebook, terdapat sejumlah peraturan krusial bagi seluruh pengguna marketplace Facebook. Beberapa peraturan jualan di marketplace Facebook yaitu:


1. Penjual dilarang keras menjual barang yang di larang di suatu negara atau mengubah informasi penting menjadi lelucon.

2. Segala bentuk jual beli jasa, hewan peliharaan, mata uang, dokumen penting, minuman keras, cairan atau bagian tubuh manusia, serta barang 18+ tidak diperkenankan.

3. Penjual di marketplace Facebook dilarang menjual segala macam alat perawatan kesehatan dan luka seperti P3K, termometer, stetoskop, dan sebagainya.

4. Seluruh penjual harus memastikan gambar produk yang dijual sesuai dengan lampiran deskripsi produk.

5. Deskripsi barang atau utas dilarang mengandung unsur diskriminasi yang menyinggung agama, ras, warna kulit, kewarganegaraan, dan lain-lain.


Keuntungan Jualan di Marketplace Facebook


Seiring dengan bertambah canggihnya sistem pada Facebook, Anda kini bisa memperoleh banyak keuntungan apabila berjualan melalui situs media sosial terpopuler satu ini. Sebelum mencari tahu cara jualan di facebook marketplace, yuk simak ulasan berikut terlebih dahulu!


1. Dapat menjangkau konsumen secara luas


Belakangan ini, media sosial telah menjadi sasaran empuk para penjual dalam memperluas jangkauan pasar. Dalam hal ini, Facebook sebagai salah satu media sosial dengan pengguna paling banyak tentu dapat meningkatkan jumlah konsumen Anda secara signifikan.


2. Memudahkan penjual mendapat atensi dari pelanggan


Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan cara jualan di marketplace FB dengan benar adalah kemudahan dalam menarik perhatian pembeli. Algoritma Facebook akan membantu menyarankan sejumlah produk paling relevan yang tengah dicari oleh konsumen sehingga peluang interaksi dan pembelian pun meningkat.


3. Caranya mudah


Selanjutnya, cara jualan di facebook marketplace juga sangat praktis sehingga siapapun bisa mencobanya. Salah satu alasannya adalah karena penjual hanya membutuhkan akun Facebook sebagai langkah awal. Penasaran bagaimana caranya lebih lanjut? Simak ulasan berikut!


Tutorial Mendaftar dan Cara Jualan di Marketplace FB


Apabila Anda berniat berjualan di Facebook, ikuti beberapa cara daftar marketplace FB di bawah ini dengan seksama.


1. Jika Anda baru di Facebook, daftarkan diri Anda terlebih dahulu. Caranya, buka website Facebook dan masukkan beberapa kebutuhan data diri Anda seperti nama, tanggal lahir, nomor ponsel, jenis kelamin serta kata sandi akun Anda.

2. Anda hanya perlu login, apabila telah mempunyai akun Facebook sebelumnya.

3. Setelah berhasil memasuki beranda Facebook, tekan opsi “Marketplace”.

4. Kemudian, tekan “Jual sesuatu” dan pilihlah “Item untuk Dijual”

5. Setelah itu, pilih kategori yang sesuai dengan barang dagangan dan jangan lupa untuk menyertakan foto menarik.

6. Jika sudah selesai memilih foto, klik tombol “Terbitkan”, dan produk-produk Anda siap dijual!


Itulah petunjuk mendaftar serta cara jualan di marketplace FB khusus untuk Anda. Sangat mudah, bukan?


Tips dan Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris


Meski marketplace Facebook dapat menjamin atensi konsumen yang lebih besar, belum berarti jualan Anda akan otomatis laris manis, ya. Oleh sebab itu, simak beberapa tips dan cara jualan di marketplace FB biar laris di bawah ini.


1. Buat deskripsi produk yang jelas


Membuat deskripsi produk sejelas mungkin adalah cara jualan di marketplace FB yang harus Anda pelajari sebelum terjun ke dunia marketplace. Pasalnya, deskripsi sebuah produk dapat diibaratkan sebagai pengganti suara Anda dalam meyakinkan pembeli.


Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mendeskripsikan produk secara lengkap baik dari segi warna, tipe, ukuran, fitur, dan hal lainnya yang dirasa penting untuk diketahui calon pembeli. Semakin jelas deskripsi Anda, maka probabilitas konsumen membeli barang tersebut akan bertambah juga.


2. Tambahkan foto produk spesifik yang menarik


Cara jualan di marketplace FB satu ini dinilai sangat krusial karena foto produk adalah bagian pertama yang dilihat oleh pembeli. Oleh sebab itu, hadirkanlah foto produk dengan pencahayaan bagus, jelas dan spesifik, serta terjamin keasliannya.


3. Pilih variasi produk yang sesuai


Selain foto, penempatan variasi sebuah produk juga harus diperhatikan dengan seksama. Pasalnya, jika Anda keliru memasukkan produk A ke dalam kategori produk B, maka konsumen akan kesulitan menemukan produk A. Nah, hal itu akan menyebabkan produk Anda tidak muncul saat kategori tersebut dicari oleh calon pembeli.


4. Cantumkan nomor yang dapat dihubungi


Minimnya jumlah pembeli juga bisa disebabkan oleh ketidakjelasan nomor yang dicantumkan untuk pemesanan. Oleh karena itu, cara jualan di marketplace Facebook tentu harus melampirkan sejumlah kontak yang dapat dihubungi calon pembeli.


Beberapa kasus telah membuktikan bahwa toko yang tidak menyertakan nomor contact person patut dicurigai sebagai modus penipuan.


5. Posting minimal 10 kali sehari


Cara jualan di marketplace Facebook selanjutnya adalah rajin memposting produk jualan. Apabila seorang rajin memposting produk setiap hari, maka Facebook akan menyadari kehadirannya sehingga lebih mudah merekomendasikan produk Anda kepada konsumen. Namun, ingatlah untuk memberi jeda antar postingan agar tidak terbaca sebagai spam, ya.


6. Tanggapi inbox messenger pelanggan dengan cepat


Selain sajian dan variasi produk, Anda harus tahu bahwa interaksi antara penjual dan pembeli juga tak kalah penting. Oleh karena itu, menanggapi pesan-pesan pelanggan dengan cepat merupakan cara jualan di marketplace FB biar laris.


Pasalnya, konsumen tentu akan mencari toko yang paling cepat menjawab pertanyaan mereka. Oleh karena itu, Anda dapat kehilangan calon pembeli apabila terbiasa mengabaikan pesan.


7. Gunakan Meta Ads


Jika Anda bingung bagaimana cara agar jualan di marketplace FB biar laris, maka menggunakan Facebook Ads adalah salah satu solusinya. Namun, cara satu ini membutuhkan sedikit modal agar penjualan bisa menghasilkan profit maksimal.

Anda juga harus belajar lebih dalam mengenai meta ads agar tidak mengalami keboncosan yang merugikan.


Cara jualan di marketplace FB satu ini umumnya memasang tarif sesuai dengan jumlah audiens yang dijadikan target pemasaran. Istilahnya biasa dikenal sebagai CPC (cost per click) sehingga biaya pembayaran akan menurun seiring dengan bertambahnya banyak jumlah klik.


8. Berikan CTA pada postingan


Sebagai seorang penjual, Anda sangat disarankan untuk menggunakan CTA (Call To Action) di setiap postingan penjualan. Cara jualan di marketplace FB satu ini cukup krusial untuk meningkatkan interaksi antara penjual dan pembeli.


CTA adalah salah satu strategi pemasaran dengan memunculkan pop-up yang mengantarkan pembeli pada laman berbeda untuk mempermudah proses transaksi selanjutnya. Beberapa contoh CTA di antaranya:


- Kirim Pesan: Mengarahkan pembeli ke fitur Messenger

- Hubungi Kami: Memandu konsumen ke sejumlah pilihan kontak toko

- Telepon Sekarang: Mengantar konsumen langsung ke halaman WhatsApp atau nomor kontak penjual

- Pelajari Selengkapnya: akan mengarahkan konsumen ke halaman rinci produk anda.


9. Konsisten dan persisten


Semua cara jualan di marketplace FB biar laris di atas akan berakhir sia-sia jika Anda tidak konsisten dalam prosesnya. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya optimis keyakinan dalam diri agar tetap konsisten dan tak mudah menyerah apapun yang terjadi.


Selain itu, ada baiknya Anda terus meningkatkan skill di bidang copywriting dan desain grafis agar mengalami peningkatan konversi di toko Anda.


Tips Mengatasi Kenapa Jual di Marketplace Facebook selalu ditolak?

Ketika anda mengupload listing jualan anda di facebook marketplace pasti anda pernah mengalami listingan tersebut di tolak. Hal ini memang sudah biasa di alami beberapa seller yang tergabung di komunitas facebook. Beberapa penyebab karena anda belum membaca pedoman untuk berjualan di facebook. 

  • Tips pertama yaitu Pahami produk jualan anda berikan kategori yang sesuai dengan kriteria produk tersebut
  • Kedua Berikan Gambar Yang berbeda dari postingan sebelumnya di karenakan facebook marketplace tidak memperbolehkan gambar duplikat di dalam listingan tersebut.
  • Ketiga berikan Judul yang relevan dengan kata kunci produk yang anda jual. Agar konsumen kategori produk tersebut dapat mencari produk anda dengan mudah.
Anda juga dapat membaca pendoman berjualan facebook melalui tautan berikut Aturan Berjualan Di Facebook


Cara Jualan Online di Facebook Selain FBMP


Selain Facebook marketplace, Anda juga dapat meningkatkan transaksi jual beli melalui halaman atau grup Facebook. Berikut adalah beberapa tambahan cara jualan online di Facebook khusus untuk Anda.


1. Menggunakan halaman Facebook / Fanspage


Cara jualan satu ini sering dianggap lebih mudah dan praktis sebab penjual sudah dapat menjual sesuatu hanya dengan tahap-tahap yang sama seperti mengupload foto pada umumnya. Namun, jangkauan pasar Anda juga tentu menyempit jika menjual produk hanya melalui halaman Facebook.


2. Melalui grup Facebook


Cara jualan online di Facebook selanjutnya adalah melalui grup. Tahapannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke dalam grup jual beli lalu tekanlah tombol “Jual Sesuatu”. Setelah itu, lakukan tahap-tahap dasar seperti memberi deskripsi produk, foto dan informasi lainnya. Setelah dirasa cukup, tekan “Berikutnya” agar produk Anda dapat ditawarkan pada seluruh anggota grup.

FAQ Pertanyaan yang sering di tanyakan.

Jualan apa yang laris di FB?
Beberapa Kategori Produk seperti elektronik, fashion, Perabotan rumah tangga, Skincare, Otomotif Jauh lebih Dominan di platform ini terbukti dari data meta ads kami dari tahun 2020 hingga 2023.

Berapa kali sehari posting di Marketplace Facebook?
Anda dapat memposting listing Produk di Facebook Marketplace sehari sejumlah 10x postingan. Dengan tanda kutip anda harus membagi beberapa waktu kapan postingan tersebut anda unggah.

Posting Jualan Di FB di jam berapa ?
Untuk di hari kerja kamu dapat memposting diantara waktu pukul 09.00 hingga 18.00.
Jika Weekend anda cukup memposting dari pukul 06.00 hingga 20.00.

Berapa lama Tinjauan Facebook Marketplace ?
Dari pihak facebook sendiri biasa mereka meninjau produk baru selama 1 hari namun pada umumnya 10 - 20 menit produk yang baru saja di posting sudah aktif muncul di beranda Marketplace.

Itulah ulasan lengkap seputar bagaimana cara jualan di marketplace FB yang bisa Anda ikuti. Kuncinya, utamakan kualitas produk dan pelayanan terhadap pelanggan ya. Nah setelah membaca artikel di atas, apakah Anda jadi tertarik untuk mencobanya sekarang juga?  Jangan lupa, saat memulai suatu usaha, pastikan Anda telah melakukan riset pasar agar barang jualan bisa laris manis karena sesuai dengan minat konsumen.

Posting Komentar untuk "Cara Jualan Di Facebook Marketplace, Laris Dengan Settingan ini"